Profil Sekolah
Profile of CLC SMPT 12 Giram
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar, terutama bagi anak-anak sebagai sebuah jembatan yang membekali mereka dengan nilai-nilai guna mempersiapkan diri untuk terjun dan terlibat dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Mengingat pentingnya pendidikan ini, Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagaimana telah diamanatkan oleh Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 diwajibkan untuk memberikan layanan pendidikan bagi seluruh warga negaranya, melalui program wajib belajar 9 tahun. Layanan pendidikan perlu diperluas bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), tidak hanya terbatas bagi mereka yang berada dan tinggal di dalam negeri saja tetapi juga perlu untuk diperhatikan bagi yang tengah berda di luar negeri, salah satunya seperti halnya di Sabah-Malaysia. Dalam upaya untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan di Sabah ini maka dicanangkanlah pendirian Community Learning Centre (CLC) di ladang-ladang kelapa sawit yang menginduk dengan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), sehingga pendidikan anak-anak Indonesia di Sabah tidak terlalu memiliki kesenjangan yang kontras dengan pendidikan yang dinikmati oleh anak-anak Indonesia di dalam negeri.
Salah satu di antara puluhan CLC yang ada di Sabah tersebut adalah CLC Giram, CLC Giram pada awal berdirinya (Juli 2012) merupakan Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang menginduk pada CLC Mostyn. Pada tahun 2015, TKB Giram berdiri sendiri menjadi CLC Giram, yang membawahi tiga TKB, yaitu: TKB Giram, TKB Sipit, dan TKB Koko Intan. Semenjak berdiri hingga sekarang CLC Giram berupaya penuh menjaga komitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik guna membantu mewujudkan mimpi-mimpi para peserta didik generasi emas Indonesia.
Visi & Misi
Visi
|
:
|
“Unggul dalam Prestasi, Santun dalam
Perilaku”
|
Misi
|
:
|
1. Menanamkan akhlak dan budi pekerti luhur
|
|
|
2. Menanamkan semangat belajar, pantang
menyerah, dan rasa ingin tahu
|
|
|
3. Melaksanakan pembelajaran aktif,
kreatif, dan inovatif
|
|
|
4. Mengajarkan keterampilan terapan serta
jiwa wirausaha
|
|
|
5. Menciptakan iklim pembelajaran yang
kondusif dan harmonis.
|
Komentar